LA Girl Lipstick Mate Tanpa Kilap!

11110887_10153290142334665_4673528296152742093_n

Tren di dunia mode dan kecantikan selalu berputar. Apa yang pernah menjadi tren pada 2-3 dekade lalu, bisa jadi akan menjadi tren saat ini. Salah satunya adalah tren lipstik.

Selama beberapa periode, tren penampilan bibir adalah warna bibir yang mengkilap sehingga terkesan segar merona. Namun, mulai tahun lalu, tren ini bergeser. Kini, kaum Hawa lebih memilih tampilan bibir dengan hasil akhir matte, yang tidak mengkilap bahkan terkesan kering. Kelebihannya, lipstik berjenis matte ini akan lebih tahan lama ketimbang lipstik glossy yang mengkilap.

Ini tentu mengingatkan kita pada tren lipstik tahan lama yang marak di dekade 90-an. Saat itu, produsen makeup Revlon gencar meluncurkan produk makeup bertajuk Colorstay untuk menekankan pada keawetan produk mereka menempel di kulit si pemakai. Iklan lipstiknya yang dibintangi oleh supermodel Cindy Crawford pun tampil di berbagai media.

Kini, tren itu kembali hadir. Para produsen makeup berlomba-lomba memproduksi lipstik matte dengan warna beragam dan formula lebih canggih. Namun bila kita lihat, hanya ada dua formula yang hadir di pasaran, yakni lipstik matte batangan dan liquid matte lipstick alias lipstik matte cair. Mari kita kupas satu persatu.

1. Lipstik matte batangan

Jenis ini adalah lipstik dengan formula matte yang bentuknya seperti lipstik biasa. Rata-rata produsen makeup memiliki varian ini dalam lini produknya. Varian ini tak hanya dikuasai oleh merek luar negeri seperti MAC, NARS, NYX, Revlon atau Wet n Wild. Namun merek dalam negeri pun banyak yang mulai memproduksi varian ini dengan kualitas yang tak kalah dengan produk luar.

Di antaranya adalah Wardah Cosmetic dan Purbasari Cosmetic. Kedua merek ini adalah 100 persen produk lokal dan kini tengah digemari oleh banyak kaum Hawa. Sebab, selain hasilnya yang matte, harganya pun amat terjangkau. Perbatangnya tak lebih dari Rp 50 ribu.

Selain itu, keduanya bisa lebih mudah ditemui di pasar tradisional maupun supermarket, terutama untuk Wardah. Sementara untuk Purbasari, lipstiknya lebih mudah ditemui di kota-kota luar Jabodetabek seperti Solo dan Semarang. Sementara di Jabodetabek sendiri hanya ada di pasar tradisional dan supermarket tertentu.

Keunggulan lipstik matte batangan adalah cara pengaplikasiannya yang mudah, layaknya memakai lipstik biasa. Untuk yang terbiasa menggunakan lipstik setiap hari, memulaskan lipstik matte sambil menyupir atau bahkan tanpa kaca pun tak masalah. Selain itu, daya tahannya lebih lama dibandingkan lipstik biasa.

2. Lipstik matte cair

Untuk yang ini, produsen makeup lokal terkenal tampaknya belum ada yang meluncurkan variannya. Yang baru meluncurkan hanyalah produsen-produsen kosmetik kecil seperti Mineral Botanica, Polka Cosmetics atau produk makeup Dissy milik artis Ussy Sulistyawati. Sehingga, lipstik matte cair produksi lokal masih sulit ditemui di pasaran.

Tak heran jika saat ini, pasar lipstik matte cair masih dikuasai oleh merek-merek luar negeri. Di antara yang terkenal adalah Lime Crime, Anastasia Beverly Hills, Kat Von D, LA Girl, Girlactik, dan Bourjois.

Keunggulan lipstik matte cair adalah daya tahannya yang lebih lama jika dibandingkan dengan lipstik matte batangan. Beberapa lipstik matte cair bahkan diklaim bisa awet di bibir hingga 12 jam meski dipakai untuk makan dan minum.

Formulanya pun menarik. Cair saat dipulaskan di bibir, namun akan cepat mengering dan menghasilkan finishing matte hanya dalam hitungan detik.

Sehingga, memulaskan lipstik jenis ini harus dilakukan dengan hati-hati. Sebab, selain cepat mengering, warnanya pun tahan lama dan hanya bisa dihapus dengan penghapus makeup khusus. Cukup merepotkan untuk mereka yang belum terbiasa menggunakan lipstik dengan rapi.

Suara Pembaruan

Irawati D Astuti/IDS

Suara Pembaruan

Posted in Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *